SNESA Mengikuti Apel Hari Peduli Sampah Nasional 2019

SNESA-SMP Negeri  1 Trenggalek, ikut serta dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, Rabu (20/2) dengan dengan mengirim delegasi siswa dan guru untuk mengikuti gelar apel di TPA Srabah, Kecamatan Bendungan. Menurut Sailendra Srihadi Sanjaya, guru pendamping menyatakan dengan mengikuti kegiatan ini di harapkan, siswa semakin paham bagaimana cara mengelola sampah dan cara penangannya.

Kegiatan ini di Hadiri oleh Plt Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, dalam mengawali peringatan HPSN 2019 yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 21 Februari. Awali HPSN ini, menunjukkan semangat dan komitmen tinggi dari masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik.

Nur Arifin, menghimbau pengurangan penggunaan sampah plastik dilingkup Pemerintah sekaligus kebersihan tempat-tempat wisata sebagai bentuk komitmen bersama menjaga kebersihan dan menghindari permasalahan sampah.

Wabup termuda ini juga mengapresiasi pengelolaan sampah di TPA Srabah yang cukup baik dan dikenal tidak akan pernah penuh. Bahkan TPA Srabah ini telah menghasilkan pupuk organik, penangkapan gas metan sampah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Mengakhiri sambutannya Nur Arifin ini berharap peringatan HPSN ini tidak hanya sekedar peringatan simbolis, pengelolaan sampah yang baik dari hulu sampai hilir dapat benar benar dilaksanakan.

Usai kegiatan Apel, semua undangan termasuk siswa SNESA Trenggalek bersama Plt Bupati Trenggalek Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang W. S. SIK. M.Hum, berkesempatan meninjau lokasi pengelolaan gas metan sampah yang telah dimanfaatkan oleh 50 warga sekitar TPA, pengelolaan pupuk kompos dan melakukan penanaman pohon untuk menyerap polusi udara di sekitar TPA.